Tiga Kapal Tabrakan Beruntun, Satu Rusak Berat, Satu Kandas

Tiga Kapal Tabrakan Beruntun, Satu Rusak Berat, Satu Kandas
Ilustrasi. Foto: sorongkota

jpnn.com - SORONG - Tabrakan kapal motor beruntun menggegerkan Pelabuhan Rakyat Sorong, Papua Barat, Selasa (8/11). Tiga kapal terlibat, dua di antaranya rusak.

Insiden ini berawal dari datangnya KM Fajar Mulia II pada pukul 06.30 WIT, membawa penumpang dari Teluk Bintuni. 

Fajar Mulia II berusaha bersandar. Karena bodi kapal yang panjang, mengharuskan Fajar Mulia II harus bersandar dengan posisi memanjang di dermaga, di tempat dia biasa bersandar.

Dari informasi yang dihimpun Radar Sorong, saat mendekati dermaga, kapten KM Fajar Mulia II sudah menurunkan gas untuk mendorong kapal pelan-pelan ke dermaga sebelum membuang tali. Saat kapten merasa posisinya masih jauh dari dermaga, dia kemudian menambah gas dengan maksud mendorong kapal lebih mendekat ke bibir dermaga.

Apesnya, setelah menambah gas dan kapal mendekati bibir dermaga, terjadi kendala pada bagian gas kapal. Eror, tidak bisa melambat. Kapal pun terus melaju dan menggesek dinding dermaga dari beton.

Karena gas belum juga bisa diturunkan, kapal tersebut menabrak KM Ekspress Bahari 99 B yang bersandar di depannya. Ekspress Bahari 99 B yang ditabrak, ikut mendorong KM Ekspress Bahari 7E di sebelahnya. 

Akibatnya, KM Ekspress Bahari 7 E kandas di karang dan mengalami kerusakan pada bagian baling-balingnya. Kedua kapal yang ditabrak mengalami kerusakan di bagian baling-baling sehingga tak bisa beroperasi.

Pihak Ekspress Bahari, Daeng yang dikonfirmasi koran ini mengungkapkan, mereka langsung berinisiatif untuk melakukan perbaikan agar bisa tetap melayani penumpang yang sudah membeli tiket. Setelah kejadian, baling-baling KM Ekspress Bahari 7 E dilepas dan dilakukan pergantian.

SORONG - Tabrakan kapal motor beruntun menggegerkan Pelabuhan Rakyat Sorong, Papua Barat, Selasa (8/11). Tiga kapal terlibat, dua di antaranya rusak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News