Cepat atau Lambat, Bisnis Batu Bara Akan Habis

Cepat atau Lambat, Bisnis Batu Bara Akan Habis
Ilustrasi. Foto: JawaPos.Com/JPNN

jpnn.com - SAMARINDA - Koordinator Jatamnas Merah Johansyah Ismail mengatakan, sudah saatnya Pemprov Kaltim meninggalkan batu bara yang merupakan ekonomi berumur pendek.

Begitu bahan tambang habis, maka perekonomiannya juga tamat. Begitu pula bila harga jatuh yang bakal berdampak besar bagi perekonomian Kaltim.

“Pemprov Kaltim harus beralih ke perekonomian berkelanjutan seperti pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata. Industri di Kaltim harus diarahkan untuk melayani sektor-sektor tersebut,” sebut Merah.

Mantan Dinamisator Jatam Kaltim itu menegaskan, ekonomi batu bara mesti disudahi.

Pemprov juga mesti bersiap pada kondisi banyaknya pekerja tambang yang dirumahkan.

“Pekerja tambang mesti digiring ke sektor produktif ke green job atau pekerjaan yang ramah lingkungan, misalnya pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Beri pekerja keterampilan yang cukup dan lindungi dengan kebijakan,” beber dia.

Menurut Merah, cepat atau lambat, bisnis batu bara akan habis. Terlebih harganya yang bergantung pada kebijakan pemerintah Tiongkok.

Menurut dia, hal tersebut membuat perekonomian rapuh.

SAMARINDA - Koordinator Jatamnas Merah Johansyah Ismail mengatakan, sudah saatnya Pemprov Kaltim meninggalkan batu bara yang merupakan ekonomi berumur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News