Bakal Digarap Kejaksaan, Presiden Park Catat Sejarah

Bakal Digarap Kejaksaan, Presiden Park Catat Sejarah
Park Geun-hye. Foto: AFP

jpnn.com - SEOUL - Kejaksaan Seoul mengumumkan bakal menginterogasi Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye.

Presiden wanita berusia 64 tahun itu akan digarap terkait dugaan keterlibatan dalam skandal penyelewengan kekuasaan oleh sahabatnya, Choi Soon-sil.

Minggu (13/11), pihak Kejaksaan Seoul menyebutkan pemeriksaan berlangsung pekan ini. Jika itu terjadi, Park adalah presiden Korsel pertama yang menjadi terperiksa saat masih aktif menjabat. Sebelumnya, tidak pernah ada presiden Korsel yang menjalani investigasi terkait skandal apa pun sebelum lengser.

"Kami akan memeriksa presiden, entah Selasa (15/11) atau Rabu (16/11) paling lambat,’’ kata seorang pejabat Kejaksaan Seoul sebagaimana dikutip Kantor Berita Yonhap. 

Kabarnya, kejaksaan juga sudah melayangkan surat pemberitahuan ke kantor kepresidenan. Namun, sejauh ini, pihak Park belum memberikan jawaban. Sebelumnya, sang presiden mengaku siap menjalani pemeriksaan terkait skandal tersebut. 

Menurut jubir Park, kantor kepresidenan memang sudah menerima surat panggilan dari kejaksaan. ’’Begitu mendapatkan pengacara seperti yang beliau inginkan, presiden akan langsung menanggapi surat tersebut,’’ katanya tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. Salah seorang ajudan Park mengatakan bahwa presiden akan menjawab surat kejaksaan itu Selasa besok.

Park yang bersahabat dengan Choi selama sekitar empat dekade itu dituduh menggunakan jabatan presiden untuk menakut-nakuti sedikitnya dua chaebol (konglomerat) demi kepentingan Choi. Karena nama besar Park, dua chaebol itu pun lantas mengalirkan sejumlah besar uang ke dua yayasan nonprofit milik Choi. Yakni, Mir dan K-Sports. Namun, dana besar tersebut digunakan untuk memperkaya diri oleh Choi. 

Media Korsel menyebut dua chaebol yang dimaksud adalah Chung Mong-koo, chairman Hyundai Motor, dan Lee Jae-yong, bos Samsung. Konon, dua pebisnis kaya raya Korsel tersebut bertemu Park pada Juli lalu. Dalam pertemuan itu, presiden perempuan pertama Korsel tersebut mendesak Chung dan Lee menyokong Mir dan K-Sports. Tapi, informasi lain menyatakan bahwa ada beberapa chaebol lain yang ikut hadir. 

SEOUL - Kejaksaan Seoul mengumumkan bakal menginterogasi Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye. Presiden wanita berusia 64 tahun itu akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News