Kisah Saudagar Tionghoa Asal Semarang ini Pukau Sineas Hollywood

Kisah Saudagar Tionghoa Asal Semarang ini Pukau Sineas Hollywood
Potret Oei Tiong Ham, termuat dalam buku Raja Gula dari Semarang, karya Liem Tjwan Ling. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - OEI TIONG HAM. Saudagar kelahiran Semarang ini sangat terkenal pada awal abad 20. Saking tenarnya, penulis skenario film Hollywood James Albert Michener (1907-1997) pernah menulis kisah Oei. 

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Bisnis yang dijalankan keluarga Oei, tulis James A Michener dalam Chinese Success Story, "mungkin merupakan perusahaan Tionghoa yang terbesar di dunia." 

Michener bukan sembarang penulis. Buku-bukunya best seller. Pernah dianugerahi Presidential Medal of Freedom. Film-nya yang berjudul Sayonara masuk nominasi 10 Academy Awards pada  1957. 

Untuk menulis bisnis Oei Tiong Ham Concern Michener datang ke Jawa. Dia menggambarkan Jakarta Tempo Doeloe berdasarkan laporan pandangan mata…

"Di sepanjang Jalan Molenvliet West (sekarang Jl. Gajahmada), semua toko-toko kecil sibuk. Di beberapa blok setiap toko adalah milik orang Tionghoa, memanjang dengan indahnya. 

Di ujung jalan, di mana kanal mengalir ke sebelah timur, toko-toko itu seolah hutan yang menakjubkan yang disebut Glodok, salah satu dari China Town yang indah di Asia.

Kantor pusat Oei Tiong Ham Concern di sebelah utara, di dekat mana kanal-kanal besar mengalir ke samudera. Nama daerahnya Asemka."

OEI TIONG HAM. Saudagar kelahiran Semarang ini sangat terkenal pada awal abad 20. Saking tenarnya, penulis skenario film Hollywood James Albert Michener

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News