AirAsia Terbangkan 47 Blogger dari 12 Negara ke Jakarta

AirAsia Terbangkan 47 Blogger dari 12 Negara ke Jakarta
Para blogger dari ‘Tim Betawi’, yang merupakan pemenang tantangan AirAsia Fun Race, berpose bersama dalam acara Gala Dinner AirAsia Bloggers' Community (AABC) 2016. Foto: Kemenpar

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi maskapai penerbangan AirAsia yang semakin peduli membangun ekosistem pariwisata di Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan AirAsia Bloggers’ Community (AABC).

Ddalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-3 AABC, pekan lalu di Jakarta, sedikitnya ada 47 pemilik blog yang terdiri dari lifestyle blogger, travel blogger, dan food blogger dari 12 negara Asia yang dikerahkan untuk mengeksplorasi destinasi wisata bersejarah Kota Tua, sejak 12-14 November 2016.

“Terima kasih Air Asia! Kota Tua dan Kepulauan Seribu adalah satu dari 10 top destinasi yang sudah diditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Destinasi prioritas yang tengah dibangun oleh pemerintah dan swasta, dan sering disebut sebagai 10 Bali Baru. Semakin banyak blogger yang mengangkat destinasi wisata itu, maka akan semakin popular pula di mata netizen yang semakin go digital,” ujar Menpar Arief Yahya.

Dalam pengembangan destinasi pariwisata, ada prinsip 3A yang menjadi pedoman Kemenpar. Yakni atraksi, akses dan amenitas (3A). Yang dieksplorasi para blogger itu baru pada level mengoptimalkan dan mempromosikan Atraksi di suatu daerah wisata Jakarta.

Atraksi itu sendiri terbagi dalam tiga tema, yakni culture (60 persen), nature (35 persen) dan man made (5 persen). “Jadi sudah betul, para blogger tersebut mengangkat topic cultural Kota Lama Jakarta. Saya berharap di sembilan destinasi yang lain juga segera diterbangi Air Asia, juga sekaligus diterjunkan para bloggers yang tergabung dalam AABC itu,” katanya.

Para penulis dan fotografer yang memiliki blog personal itu berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Indocina, Brunei Darussalam, India, Taiwan, Tiongkok dan juga Indonesia. Mereka menjelajahi sisa peninggalan sejarah colonial itu, serta menikmatik keragaman budaya ibu kota. “Kami senang menjadi tuan rumah dan menyambut blogger muda itu,” kata Dendy Kurniawan, CEO Grup AirAsia di Indonesia.

"Mereka adalah para blogger muda dari seluruh penjuru Asia. Mereka akan menulis, mengambil gambar-gambar, dan memperkenalkan sisi lain dari Jakarta, yang selanjurnya akan dipublikasikan melalui blogspot-nya. Mereka ada para social media influencer, mereka turut mempromosikan Jakarta untuk mendukung Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata papan atas,” kata  Dendy.

Kegiatan ini sebetulnya dilakukan dalam rangka ulang tahun ketiga AirAsia Bloggers’ Community (AABC). Dendy menyebut, aktivitas ini juga dimaksudkan untuk mendukung target besar Kementerian Pariwisata RI untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancenegara hingga tahun 2019.

JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi maskapai penerbangan AirAsia yang semakin peduli membangun ekosistem pariwisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News