Perkuat PIP, Pendidikan Karakter, dan Kejuruan

Perkuat PIP, Pendidikan Karakter, dan Kejuruan
Guru dan siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta para pelaku pendidikan memperkuat tiga kebijakan pemerintah.

Yakni perluasan akses pendidikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP), penerapan revolusi mental melalui Penguatan Pendidikan Karater (PPK), dan penguatan sumberdaya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja melalui pendidikan vokasi (Sekolah Menengah Kejuruan)

Menteri Muhadjir mengatakan, manfaat PIP adalah untuk menjamin anak-anak dari keluarga tidak mampu agar tetap bisa mendapatkan layanan pendidikan.

“Gunakan dana PIP melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dengan sebaik-baiknya untuk mendukung aktivitas kalian bersekolah,” pesan Muhadjir kepada para siswa penerima KIP saat melakukan kunjungan kerja ke Makassar.

Mengenai penguatan pendidikan karakter,‎ menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini, bukan hal baru di Indonesia.

Seperti yang diterapkan oleh Sekolah Islam Athira Makassar.  Di sini sebelum pemerintah mau menerapkan PPK, sudah melakukan PPK melalu proses belajar mengajarnya.

Dia menilai pelaksanaan belajar mengajar berbasis penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di Sekolah Islam Athira,  sudah bagus.

“Ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lain tentang penerapan PPK di sekolah. Harus ada terobosan bagi sistem belajar mengajar di sekolah,” ucapnya. (esy/jpnn)

MAKASSAR -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta para pelaku pendidikan memperkuat tiga kebijakan pemerintah. Yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News