BMKG Bantah Bakal Terjadi Gempa 8.6 SR dengan Potensi Tsunami

BMKG Bantah Bakal Terjadi Gempa 8.6 SR dengan Potensi Tsunami
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 8.6 SR disebut bakal mengguncang daerah pesisir pantai selatan Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Kediri dan sejumlah daerah lain.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaku sudah mendengar soal rumor tersebut. Namun, pihak BMKG menegaskan bahwa rumor tersebut tidak benar. Apalagi disebut gempa berpotensi tsunami. 

"Berita itu sebelumnya mengatasnamakan BMKG. Maka dengan ini kami menyatakan tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita tersebut," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Mochammad Riyadi, Jumat (18/11).

Menurut Riyadi, berita yang sempat beredar luas di tengah masyarakat tersebut, hanya isu dan membohongi masyarakat. Karena tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas. 

"Perlu diketahui bahwa sampai saat ini gempa bumi tektonik belum bisa diprediksi secara ilmiah dengan baik," kata Riyadi. 

Selain itu, Riyadi juga mengatakan, dari sekian kali isu akan terjadi gempa bumi, sampai saat ini tidak satupun yang terbukti. Karena itu dia meminta masyarakat untuk tidak menghiraukan isu-isu selanjutnya.(gir/jpnn


JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 8.6 SR disebut bakal mengguncang daerah pesisir pantai selatan Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News