Jokowi Minta KPK Dikuatkan, Kejaksaan dan Polri Harus Bebenah Lagi

Jokowi Minta KPK Dikuatkan, Kejaksaan dan Polri Harus Bebenah Lagi
KPK. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran institusi pemerintah dan penegak hukum untuk terus mengawasi dan mencegah terjadinya korupsi.

Terutama setelah dia mencanangkan adanya gerakan sapu bersih pungli di kalangan pemerintah.

"Saya minta aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak hanya berhenti pada dokumen-dokumen perencanaan yang bertumpuk. Dan saya juga tidak ingin hanya menjadi sebuah aksi simbolis atau upacara seremonial semata tapi saya ingin agar aksi ini fokus dan betul-betul konkret di lapangan," tegas pria yang kerap disapa Jokowi itu saat memimpin rapat tentang pemberantasan korupsi di kantornya.


Dia meminta ada penegakan hukum yang tegas termasuk pada tindakan pungli.

Terutama, Jokowi minta diprioritaskan pada sektor perizinan dan pelayanan publik yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

Seperti pelayanan administrasi pertanahanan, kesehatan, dan pendidikan.

Dia juga minta dilakukan pembenahan besar besaran dalam tata kelola pajak dan penerimaan negara terutama dipengelolaan sumber daya alam dan pangan.

Jokowi juga mengingatkan jajarannya terkait upaya membangun transparansi dalam penyaluran dan penggunaan dana hibah dan bantuan sosial.

JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran institusi pemerintah dan penegak hukum untuk terus mengawasi dan mencegah terjadinya korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News