Pak Jokowi, Banyak yang Tunggu Kepastian Moratorium Unas Nih..

Pak Jokowi, Banyak yang Tunggu Kepastian Moratorium Unas Nih..
Sekolah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Sekolah-sekolah di Jawa Timur sedang menunggu kepastian pelaksanaan moratorium atau penangguhan Ujian Nasional (Unas) 2017.

Kebijakan itu tinggal menunggu keputusan presiden. Jika benar berlaku, Unas 2017 tidak akan diselenggarakan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman menyatakan, moratorium unas itu merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selanjutnya, presiden dan DPR akan menegaskan keputusan tersebut.

''Yang pasti, apa pun kebijakan yang diberlakukan, pihaknya siap melaksanakannya. Kabarnya, ujian menjadi tanggung jawab daerah,'' katanya saat ditemui di kantornya.

Menurut Saiful, ketika kewenangan SMA/SMK beralih ke provinsi, lanjut dia, provinsi akan bertugas mengurus SMA/SMK. Termasuk ujiannya. Adapun SD dan SMP diserahkan ke kabupaten/kota.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang masih menjadi pertanyaan. Salah satunya indikator atau standar yang digunakan untuk masuk ke jenjang lebih tinggi.

Sebab, selama ini standar yang digunakan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) ke jenjang yang lebih tinggi adalah hasil unas.

SURABAYA - Sekolah-sekolah di Jawa Timur sedang menunggu kepastian pelaksanaan moratorium atau penangguhan Ujian Nasional (Unas) 2017. Kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News