Ini Kabar Gembira Buat Desa

Ini Kabar Gembira Buat Desa
Eko Putro Sandjojo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - MAKASSAR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, membawa kabar gembira untuk desa-desa di seluruh Indonesia. 

Termasuk untuk desa di Sulsel. Dana desa akan terus meningkat sampai 2018 mendatang.

“Sebab kita ditargetkan sampai 2019 itu membuat daerah atau kabupaten menjadi mandiri. Itu sudah tertuang dalam RPJMN (rencana pembangunan jangka menengah nasional) kita,” ujar Eko saat berkunjung ke redaksi Harian Fajar (Jawa Pos Group) hari ini.

Sebelum ke Fajar, Eko mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi Desa Pabentengan, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros. Di sana dia meninjau perkembangan daerah setempat. Termasuk pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Eko bertutur, ke depan seluruh daerah tertinggal ditargetkan bisa bertransformasi menjadi daerah mandiri. Pemerintah telah menjalankan programnya berikut dengan anggarannya. 

“Ada 35 daerah sudah mandiri dalam dua tahun. Target awalnya 80 daerah bisa mandiri, berarti sudah hampir separuhnya. Dengan begitu semoga 2019 nanti 125 menjadi mandiri,” ucap mantan presiden direktur PT Sierad Produce Tbk itu.

Pemerintah telah memutuskan meningkatkan dana desa setiap tahun. Dari tahun ini Rp46,8 triliun akan meningkat tahun depan menjadi Rp60 triliun. 

“Tahun 2018 akan menjadi Rp120 triliun. Presiden senang tuh dengan peningkatan dana desa,” bebernya.

MAKASSAR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, membawa kabar gembira untuk desa-desa di seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News