Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia dengan 7 Wanita Cantik Penunggu

Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia dengan 7 Wanita Cantik Penunggu
Sungai Tamborasi. Foto: gocelebes

jpnn.com - MUNGKIN sudah banyak yang tahu. Salah satu sungai terpendek di dunia ada di Indonesia. Di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara tepatnya. Sungai Tamborasi namanya. 

Dia hanya memiliki panjang sekitar 20 meter, lebar 15 meter. Namun beragam cerita mistik tak lepas dari keberadaan sungai ini. 

Nama Tamborasi berasal dari bahasa Tolaki yaitu Pomboraasi atau pengadangan. Nama itu melekat karena menjadi batas untuk menghalau penjajah oleh pejuang terdahulu yang melintas di dua kabupaten (Kolaka-Kolut). Berbagai versi wujud dari dunia lain pun kerap menampakkan diri di sungai itu. Sebagian orang meyakininya menjadi jembatan mewujudkan impian.

Objek Wisata Permandian Tamborasi tidak hanya dikenal dengan airnya yang dingin dan mampu membuat raga menggigil. Namun, dari cerita orang-orang di sekitar, wisata alam ini banyak menyimpan mitos dan kisah horor yang membuat bulu kuduk merinding dan penasaran. 

Tahun 1970 an, Tamborasi tidaklah begitu tenar bagi para penggiat wisata. Cukup berbeda saat ini, pengunjungnya di akhir pekan mencapai 200-an orang. Lokasinya masih tersembunyi, ditumbuhi pepohonan yang rimbun serta air jernih yang mengalir tenang dari dalam rongga bebatuan membuatnya terasa adem.

Tidak banyak orang yang memberanikan diri untuk berenang di sana karena penuh dengan aroma mistik. Terkecuali, bagi kalangan tertentu yang masih kental kepercayaan animisme-nya untuk meletakkan sesajen lewat panduan Lewe, orang yang pertama kali menjaga tempat itu.

Kadus IV Desa Tamborasi Saldi Ukkas bercerita, konon sebelum jalan Trans Sulawesi Kolaka-Kolut dibuka, sebagaian besar warga harus menggunakan transportasi laut. Banyak yang hendak merapat ke permandian itu namun tidak bisa karena merasa terhalau hembusan angin yang kencang dari arah muara pantai itu. 

"Ini salah satu yang saya dengar dari mertua saya bernama Mamma yang usianya kurang lebih 100 tahun saat ini," ujarnya seperti dikutip dari Kendari Pos, Selasa (29/11).

MUNGKIN sudah banyak yang tahu. Salah satu sungai terpendek di dunia ada di Indonesia. Di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara tepatnya. Sungai Tamborasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News