Duh, Tol Jakarta-Cikampek Diprediksi Bakal Macet Parah

Duh, Tol Jakarta-Cikampek Diprediksi Bakal Macet Parah
Macet. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kemacetan parah diperkirakan bakal terjadi saat pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Melayang) masuk proses konstruksi.

PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek selaku pengelola jalan tol telah menyiapkan antisipasi atas masalah tersebut.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek Djoko Dwijono menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan untuk dilakukan pelebaran jalan dari dua arah, ke arah Cikampek, maupun ke arah Jakarta.

"Jadi dilebarkan dulu nih semuanya kemudian kan di pagar biasanya. Setelah selesai dilebarkan baru bisa dilalui, kemudian kita pindah ke tengah karena kan semua pier-nya (tiang penyangganya) kan itu ada di tengah," ungkap Djoko, seperti diberitakan Indopos (Jawa Pos Group) hari ini.

Dia mengatakan, pelebaran akan dilakukan di dua ruas, dengan lebar lima meter di masing-masing ruasnya.

"Pelebaran sendiri kita 5 meter lebarnya di kiri dan kanan, jadi dua arah. 5 meter sebelah kanan, 5 meter sebelah kiri. Kita kan lebarnya satu arah 5 meter. 5 meter kan lebih dari satu lajur ya. Satu lajur ada 3,5 meter, dan bahunya 1,5 meter," terang dia.

Nantinya, pelebaran itu bakal dilakukan sebelum proses konstruksi pembangunan jalan tol elevated tersebut dilakukan. Setelah itu, baru kemudian proses konstruksi tol dikerjakan.

"Pelebaran ini akan kita mulai di awal. Karena kan kita harus dilebarkan dulu ya sebelum dilaksanakan. Nanti tiang pancang setelah pelebaran. Jadi kita amankan dulu supaya jalan tol Jakarta-Cikampek tidak berkurang kapasitasnya," tutur dia.

JAKARTA – Kemacetan parah diperkirakan bakal terjadi saat pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Melayang) masuk proses konstruksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News