Lah Gimana Nih, Kaltim Kebanjiran Pekerja Asing

Lah Gimana Nih, Kaltim Kebanjiran Pekerja Asing
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SAMARINDA - Ekspansi tenaga asing kian menghantui persaingan dunia kerja di Balikpapan.

Hal ini diharapkan menjadi perhatian serius bagi warga lokal. Jika tanpa kompetensi, bukan tak mungkin hanya akan menjadi penonton di negeri sendiri.

Hasil dari razia ekspatriat di Kota Minyak, Senin (28/11) lalu, menjadi salah satu gambaran betapa manisnya Indonesia bagi tenaga kerja asing.

Terlepas dari status legalitas, para imigran yang terjaring operasi tersebut menyatakan bahwa mereka nekat datang ke Indonesia untuk mencari kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan Tirta Dewi berharap, kasus tersebut bisa menjadi pelecut agar tenaga kerja lokal agar lebih menyiapkan diri.

Pemerintah, kata dia, juga terus mengimbau sumber daya manusia (SDM ) lokal bisa terus meningkatkan keterampilan.

“Pemerintah pusat telah membuka selebar-lebarnya pintu bagi tenaga kerja asing. Izin kerja tidak sulit mereka dapatkan dari pusat. Memang saat ini, tenaga kerja asing yang masuk Indonesia masih level managerial, tapi tidak menutup kemungkinan mereka bisa menyentuh level bawah,” ucapnya saat diwawancarai Kaltim Post, Selasa (29/11).

Dewi juga menyoroti hasil razia tersebut. Pasalnya, mereka berada datang ke Balikpapan dengan sudah memegang surat keterangan kerja.

SAMARINDA - Ekspansi tenaga asing kian menghantui persaingan dunia kerja di Balikpapan. Hal ini diharapkan menjadi perhatian serius bagi warga lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News