Indonesia - Australia Tingkatkan Kerjasama Pendidikan

Indonesia - Australia Tingkatkan Kerjasama Pendidikan
Indonesia - Australia Tingkatkan Kerjasama Pendidikan
Indonesia - Australia Tingkatkan Kerjasama Pendidikan

Dua tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia berkunjung ke Canberra untuk menandatangani kerjasama di bidang pendidikan, pengajaran dan penelitian dengan mitra mereka dari Australia.

Hari Selasa (29/11/2016) delegasi dari Dikbud melakukan pertemuan dalam rangka Australia Indonesia Joint Working Group (JWG), sementara keesokan harinya, hari Rabu (30/11) delegasi dari Ristek dan Dikti melakukan hal yang sama dengan mitra mereka yaitu Departemen of Education and Training (DET) Australia.

Dalam rilis yang diterima oleh ABC Australia Plus Indonesia, disebutkan bahwa bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Joint Working Group (JWG) ini adalah yang ke 13, sementara itu bagi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi merupakan JWG yang kedua kalinya.

Pendidikan, pelatihan dan penelitian merupakan bidang yang sangat penting  bagi  Indonesia dan Australia mengingat  sampai dengan bulan Agustus 2016 mahasiswa dan pelajar Indonesia yang sedang menempuh studinya di Australia mencapai 17.712 orang.

Jumlah ini merupakan jumlah mahasiswa Indonesia yang terbanyak yang belajar di luar Indonesia jika dibandingkan dengan  di negara lainnya.
Pada saat yang bersamaan diperkirakan jumlah mahasiswa Australia yang melakukan studi di Indonesia setiap tahunnya mencapai lebih dari 2000 orang baik yang melakukan magang singkat ataupun yang mengambil studi satu semester atau lebih dalam setiap tahunnya.

Minat mahasiswa S1 (undergraduate) Australia yang ingin melakukan magang, studi lapang dan studi dalam jangka panjang semakin meningkat setiap tahunnya.

Sebagai contoh, Indonesia merupakan tujuan studi terfavorit mahasiswa Australia melalui program New Colombo Plan,  selama 3 tahun terakhir ini saja tercatat 2004 mahasiswa Australia telah melakukan magang dan studinya di Indonesia, sedangkan pada tahun 2016 ini sebanyak 825 orang mahasiswa Australia melakukan studinya di Indonesia.

Indonesia - Australia Tingkatkan Kerjasama Pendidikan
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Didik Suhardi dan Mr. David Learmonth Deputy Secretary, Higher Education, Research and International sedang menandatangai naskah kesepakatan

Foto: Istimewa

Dua tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia berkunjung ke Canberra untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News