Agenda Reforma Agraria KLHK

Agenda Reforma Agraria KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan bantuan kepada masyarakat, saat melakukan kunjungan kerja ke daerah. for JPNN.com

jpnn.com - KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyusun agenda kerja nyata untuk mendukung Nawacita. Salah satu relevansi agenda KLHK pada Nawacita, tergambar melalui dukungan program transmigrasi dan agenda reforma agraria.

''Terdapat alokasi sumberdaya hutan 4,1 juta Ha untuk mendukung penyediaan Tanah Objek Reforma Agraria atau TORA,'' ungkap Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Adapun skema implementasi TORA diantaranya melalui pelepasan kawasan hutan untuk pemukiman transmigrasi.

Untuk transmigrasi umum, dilakukan dengan program melegalisir 335 satuan pemukiman transmigrasi yang sudah ada, seluas 403.542 Ha.

Selain itu membangun transmigrasi lokal dalam rangka menata dispute penggunaan dan status lahan (menata pemukiman dll). Pola transmigrasi lokal, pengelolanya kemendagri cq. Pemda

KLHK juga mendukung proyek strategis, pangan, dan energi. Diantaranya melalui penyediaan lahan untuk proyek strategis, antara lain: bandara dan pelabuhan. Penyediaan lahan untuk pertanian, antara lain: di Provinsi  Kalteng, Kalbar, dan Kaltim. Serta penyediaan lahan untuk energi.

Menteri Siti menjelaskan, lokasi TORA dari kawasan hutan yang akan dilepaskan seluas 4,1 juta ha tersebut, diarahkan untuk memberikan kepastian hukum atas penguasaan tanah oleh masyarakat di dalam kawasan hutan, serta untuk menyelesaikan sengketa dan konflik dalam kawasan hutan.

Adapun kriteria TORA di kawasan hutan yang akan dilepaskan, adalah kawasan yang belum dikuasai masyarakat (Fresh land). Di antaranya meliputi alokasi 20 persen areal perkebunan masyarakat yang berasal dari pelepasan kawasan hutan untuk  perkebunan besar, Pelepasan HPK untuk cadangan pangan di Provinsi Kalteng, Kalbar dan Kaltim. Serta Pertanian lahan kering dalam kawasan hutan.

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyusun agenda kerja nyata untuk mendukung Nawacita. Salah satu relevansi agenda KLHK pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News