Ini Kelemahan UN Menurut Mendikbud

Ini Kelemahan UN Menurut Mendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--Keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk menerapkan moratiorium ujian nasional (UN) didasari karena adanya beberapa kelemahan. 

Salah satunya UN cenderung membawa proses belajar ke orientasi yang tidak tepat. 

Berdasarkan hasil pengamatannya saat berinteraksi dengan guru di berbagai daerah, Menteri Muhadjir menyampaikan, ada kecenderungan sekolah mengesampingkan atau mereduksi hakikat pendidikan, yakni membangun karakter, perilaku dan kompetensi. 

"Sekolah cenderung hanya terfokus pada mata pelajaran yang diberikan pada UN, kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Bahkan beberapa guru yang mengampu mata pelajaran bukan mata pelajaran UN merasa tidak diapresiasi baik oleh sekolah maupun peserta didik," ungkap Menteri Muhadjjir, Kamis 1/12).

‎Ditambahkannya, fokus berlebihan pada UN akan menjauhkan dari proses pembelajaran yang mendorong siswa berpikir kritis, analitis. 

Dicontohkannya, sebagai proses evaluasi yang bersifat massal, sampai saat ini bentuk instrumen UN adalah pilihan ganda. 

Hal tersebut kurang sesuai dengan upaya pemerintah untuk menghadirkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21. 

"Saya mengharapkan lebih banyak praktik-praktik yang mendorong siswa mengekspresikan pikiran dan gagasannya, seperti penulisan esai," tandasnya.

JAKARTA--Keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk menerapkan moratiorium ujian nasional (UN) didasari karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News