Bukan Sulawesi, Pinisi Berasal dari Daerah ini?

Bukan Sulawesi, Pinisi Berasal dari Daerah ini?
Encyclopedie van Nederlandsch-Indie yang diterbitkan berkala oleh Pemerintah Belanda sejak 1895 pertama menyebut nama kapal yang sebunyi dengan pinisi pada 1906. PENIS; sebuah perahu berbentuk sekunar, dengan satu batang tiang yang besar dan satu yang kecil, berasal dari pantai Jembrana (Bali). Foto: Dok. Horst H Liebner.

jpnn.com - BOLEH saja menyebut kapal Pinisi yang anggun itu berasal dari sekitaran Sulawesi. Bukti sejarahnya…?

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Tak ada satu pun kata pinisi, phinisi, pinisiq dan sebunyiannya dalam kitab I La Galigo

Baca: Pinisi, "Kapal Baru Kemarin"  

Apa boleh buat. Anggapan umum kajur bersepakat kapal tiang dua dengan tujuh hingga delapan layar itu merupakan moda transportasi laut khas Bugis.   

Makanya ada versi Pinisi berasal dari kata panisi yang dalam bahasa Bugis artinya sisip. Mappanisi artinya menyisip. Yakni aktifitas menyumbat semua persambungan papan, dinding dan lantai perahu dengan bahan tertentu agar tidak kemasukan air. 

Orang Bugis menyebut perahu yang sedang disisip; lopi dipanisi.

Hanya saja, berdasarkan laporan-laporan lawas tentang Sulawesi dan sekitarnya, seperti Ethnographische Atlas--Makasaaren, tak ada satu pun kata pinisi.

BOLEH saja menyebut kapal Pinisi yang anggun itu berasal dari sekitaran Sulawesi. Bukti sejarahnya…? Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News