KPK Siap Bantu TNI Telusuri Hasil Korupsi Brigjen Teddy Harnaedy

KPK Siap Bantu TNI Telusuri Hasil Korupsi Brigjen Teddy Harnaedy
Agus Rahardjo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Kementerian Pertahanan dan TNI melakukan pemulihan aset yang diduga dikorupsi Brigjen TNI Teddy Harnaedy. 

Teddy sudah divonis Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta bersalah melakukan korupsi USD 12 juta saat berpangkat kolonel dan menjabat Kepala Bidang Pelaksanaan Pembiayaan Kemhan tahun 2010-2014. 

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan KPK sudah punya pengalaman banyak dalam pemulihan aset-aset yang dikorupsi. Karenanya, kalau Kemenhan dan TNI memerlukan bantuan KPK siap membantu. 

"Kami monitor. Kami punya pengalaman di banyak asset recovery. Jadi,  kalau teman-teman TNI perlu bantuan kami, ya kami bantu," kata Agus, Sabtu (3/12). 

Dia mengatakan, soal asset recovery biasanya ditelusuri dari hasil penyelidikan dan penyidikan terlebih dahulu. Kemudian mengikuti ke mana aliran uang tersangka. 

"Kita lihat tersangka berhubungan dengan siapa saja. Jadi follow the suspect, follow the money," katanya. 

Dia pun menegaskan, Teddy bisa saja dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang. 

"Ya bisa. Kalau tipikor itu kan yang  penting asset recovery, kemudian pengembalian kerugian negara," katanya.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Kementerian Pertahanan dan TNI melakukan pemulihan aset yang diduga dikorupsi Brigjen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News