48 Negara Ramaikan Olimpiade Sains SMP Tingkat Dunia di Bali

48 Negara Ramaikan Olimpiade Sains SMP Tingkat Dunia di Bali
Para siswa Indonesia yang mengikuti IJSO di Bali. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com - NUSADUA--Ajang Olimpiade Sains SMP tingkat dunia atau Interna‎tional Junior Science Olympiad resmi dibuka hari ini oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Diksdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad.

Olimpiade Sains kali ini diikuti siswa-siswa SMP terbaik dari 48 negara dengan materi yang dipertandingkan adalah Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

‎Supriano, Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud mengungkapkan, dalam lomba ini siswa-siswi tidak hanya dibebani dengan berbagai tes di antaranya terori dan pratik.

Siswa-siswi juga diberikan waktu untuk mengenal keragaman budaya antarnegara.

‎"Akan ada malam pergelaran budaya dari seluruh negara peserta IJSO. Seluruh peserta akan menampilkan budayanya masing-masing. Dengan demikian akan ada asimilasi budaya," terangnya di Nusa Dua Convention Center, Sabtu (3/12).

Sementara itu Dirjen Dikdasmen yang mewakili Mendikbud Muhadjir Effendi mengatakan, IJSO selain sebagai ajang mempromosikan minat terhadap ilmu pengetahuan kepada siswa, juga memiliki potensi untuk mempromosikan perdamaian dan kesepahaman global.

"Hal tersebut ditunjukkan bahwa dalam pelaksanaan IJSO tidak bolah ada negara yang delegasinya dikeluarkan dari keikutsertaannya karena alasan latar belakang politik,‎‎ ketiadaan hubungan diplomatik, kurangnya penghargaan dari negara penyelenggara IJSO, pemberlakuan embargo, atau alasan lainnya," jelas Hamid. (esy/jpnn)

 


NUSADUA--Ajang Olimpiade Sains SMP tingkat dunia atau Interna‎tional Junior Science Olympiad resmi dibuka hari ini oleh Dirjen Pendidikan Dasar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News