Gayus Terpilih sebagai Ketua Pansus DPT

Gayus Terpilih sebagai Ketua Pansus DPT
Gayus Terpilih sebagai Ketua Pansus DPT
JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, Dr Gayus Lumbuun dari Fraksi PDIP, akhirnya terpilih sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif. Proses pemilihan Ketua Pansus tersebut berlangsung dalam sebuah rapat terbuka yang dipimpin oleh Ketua DPR Agung Laksono, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (4/6), yang hanya dihadiri oleh 19 anggota dari keseluruhan 28 anggota Pansus.

Sementara untuk para wakil ketua pansus, disepakati akan ditunjuk dengan sistem proporsional kursi DPR, masing-masing dari Fraksi PDIP, Golkar, Demokrat, PAN dan PPP. Seusai rapat, Ketua Pansus DPT Pemilu terpilih, Gayus Lumbuun menegaskan bahwa pemerintah tidak perlu takut secara berlebihan atas kehadiran Pansus ini.

"Pemerintah tidak perlu takut secara berlebihan. Pansus DPT ini bertujuan hanya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan pemilu di masa datang," kata Gayus Lumbuun, yang terpilih sebagai Ketua Pansus dengan mengantongi 12 suara dukungan. Sedangkan calon kuat lainnya dari Fraksi PPP, Lena Mariana, hanya mengantongi 7 suara.

Sementara itu, Ketua DPR Agung Laksono berharap agar pansus ini bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal hingga selesai, sebelum berakhirnya masa bakti DPR pada 30 September 2009 mendatang. "Tujuan hak angket ini untuk memperbaiki sistem, agar masalah penyelenggaraan pemilu, khususnya penetapan penyusunan DPT menjelang pilpres, tidak amburadul seperti pileg yang lalu. Pansus ini tidak memiliki tujuan untuk memakzulkan presiden, melainkan lebih untuk perbaikan sistem pemilu supaya tidak ada keluhan dan pelanggaran HAM," tutur Agung Laksono.

JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, Dr Gayus Lumbuun dari Fraksi PDIP, akhirnya terpilih sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Daftar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News