Program Andalan Mas Agus Ini Berpotensi Memunculkan Ladang Korupsi Baru

Program Andalan Mas Agus Ini Berpotensi Memunculkan Ladang Korupsi Baru
Agus Yudhoyono. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Janji manis pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk setiap RW di Jakarta, dinilai bakal menimbulkan masalah serius jika sampai terealisasi. 

Kebijakan itu berpotensi menjadikan RW ladang korupsi baru.

"Ini program kalau dilaksanakan bisa memunculkan koruptor-koruptor kecil di tingkat RT dan RW. Ini bagi saya tidak mendidik," kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Rahmat Bagja kepada INDOPOS, Minggu (4/12).

Ia pun menilai program tersebut bakal sangat memberatka APBD DKI. Sementara manfaatnya sendiri masih kurang jelas. 

"Kalau tidak salah jumlah RW itu lebih dari 2.700 orang. Jadi butuh dana hampir Rp 3 triliun pertahunnya cuma buat pemberdayaan komunitas ataupun infrastruktur. Ini mau ambil dana dari pos anggaran apa? Belum lagi pastinya akan tumpang tindih dengan pos lainnya yang ada di APBD," tutur Rahmat.

Ia juga mengatakan, program ini tidak berkeadilan. Mengingat peta wilayah RW di Jakarta berbeda-beda. 

Ada yang memiliki jumlah RT sedikit, dan ada yang banyak. 

"Pastinya jumlah RT ataupun warga di tiap-tiap RW berbeda. Ada yang banyak dan dikit. Ini kan tidak adil kalau harus disamaratakan. Pastinya besaran kebutuhan tiap RW juga berbeda-beda," tandas Rahmat.

JAKARTA - Janji manis pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk setiap RW di Jakarta, dinilai bakal menimbulkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News