Begini Strategi Pencarian Korban Pesawat Skytruck Hari Ini

Begini Strategi Pencarian Korban Pesawat Skytruck Hari Ini
Aparat Polda Kepri mengevakuasi barang milik korban pesawat jatuh di Kabupaten Lingga, saat tiba di Pelabuhan Punggur, Minggu (4/12). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com - JAKARTA - Operasi pencarian 13 anggota Polri korban kecelakaan pesawat Skytruck M-28 kembali digelar di sekitar Perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Senin (5/12) mulai pukul 07.00 WIB. 

Misi pada hari ketiga ini ialah menemukan bangkai pesawat pabrikan Polandia itu.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, operasi yang juga melibatkan TNI dan Basarnas ini, sudah menemukan sasaran lokasi jatuhnya pesawat. Martinus melanjutkan, tim penyelam akan diturunkan ke dasar laut untuk melakukan penyisiran.

"Tim penyelam dari gabungan kantor SAR Tanjungpinang bergerak ke lokasi menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Baladewa," kata Martinus melalui keterangan yang diterima.

Martinus melanjutkan, tim penyelam akan menyisir beberapa titik yang telah dicurigai ada terdapat bangkai atau puing pesawat. Dia berharap, operasi penemuan pesawat Skytruck bisa membuat terang insiden ini.

"KN SAR Baladewa rencananya akan melaksanakan citra bawah laut menggunakan sonar scan," terang dia.

Sementara itu, Kapal Polisi (KP) Bisma dari Mabes Polri akan ditempatkan pada lokasi strategis untuk membantu pencarian melalui udara. "KP Bisma akan ditempatkan pada center area pencarian sebagai tempat landing Helikopter BO P-1113," imbuh Martinus.

Martinus juga menjelaskan, selain mencari bangkai kapal, tim gabungan juga berupaya menemukan kru Pesawat Skytruck M-28. Menurutnya, Asisten Operasional Kapolri Irjen Unggung Cahyono dan Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Budigustian memegang langsung pengawasan dan pengendalian (wasdal) operasi pencarian ini.

JAKARTA - Operasi pencarian 13 anggota Polri korban kecelakaan pesawat Skytruck M-28 kembali digelar di sekitar Perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News