151 Penyelam Andal Dilibatkan dalam Operasi SAR Pesawat Skytruck

151 Penyelam Andal Dilibatkan dalam Operasi SAR Pesawat Skytruck
ILUSTRASI. FOTO: Dok. TNI AL

jpnn.com - JAKARTA - Tim SAR gabungan pencari Pesawat Skytruck M-28 membentuk satuan penyelam di hari ketiga operasi, Senin (5/12). Sebanyak 151 penyelam andal lintas satuan dibentuk untuk menemukan puing-puing dan korban kru pesawat.

"Penyelam dari unsur Basarnas, TNI-AL, dan Polair dilibatkan untuk upaya pencarian. Kedalaman cukup besar. Jadi memang butuh penyelam-penyelam yang handal, yang bisa mengangkut ke atas kalau menemukan barang," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/12).

Martinus menerangkan, ke-151 penyelam bertugas menemukan korban dan pesawat di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Selama operasi pencarian berlangsung, para penyelam akan ditempatkan di Posko SAR di Pulau Senayang.

"Mereka mencari lebih banyak bagian tubuh, badan pesawat, hingga black box," terang dia.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengungkapkan, operasi pencarian akan dibatasi hingga tujuh hari. Jika memasuki hari ketujuh, Tim SAR gabungan akan berembuk dan mengevaluasi hasil operasi.

Dalam rapat tersebut, semua pihak akan membahas setiap aspek menguntungkan dan merugikan mengenai operasi pencarian di perairan tersebut. Dari sini, akan disimpulkan apakah operasi dihentikan atau dilanjutkan.

“Kami berupaya secepatnya menemukan pesawat. Tapi biasanya dalam tujuh hari ada evaluasi," terang dia.

Sementara itu, tambah Martinus, penyelam sudah bertugas ke beberapa spot yang dicurigai sebagai titik jatuhnya pesawat. Operasi pencarian juga didukung oleh kapal dan helikopter.

JAKARTA - Tim SAR gabungan pencari Pesawat Skytruck M-28 membentuk satuan penyelam di hari ketiga operasi, Senin (5/12). Sebanyak 151 penyelam andal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News