MPR dan Parlemen Iran Sepakat Cari Solusi untuk Rohingnya dan Palestina

MPR dan Parlemen Iran Sepakat Cari Solusi untuk Rohingnya dan Palestina
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani di Teheran, Senin (5/12). Foto: Humas MPR

jpnn.com - JAKARTA - Iran dan Indonesia sepakat  bekerja sama meningkatkan peran aktif untuk mempercepat kemerdekaan Palestina serta mengupayakan perlindungan bagi komunitas Rohingnya di Myanmar.

Kesepakatan itu merupakan salah satu hasil pertemuan antara Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani di Teheran, Senin (5/12) waktu setempat. Menurutnya, isu Palestina dan Rohingnya menjadi sorotan dalam pertemuannya dengan Larijani.

"Isu Rohingnya dan Palestina harus mendapat Perhatian khusus dari saudara saudaranya sesama muslim. Parlemen Indonesia dan Iran sepakat terlibat aktif upayakan kemerdekaan Palestina dan Perlindungan untuk Rohingnya," ujar Zulkifli sebagaimana siaran pers MPR.

Selain itu Zulkifli juga mengatakan, Indonesia punya itikad baik Indonesia untuk terlibat aktif dalam menciptakan perdamaian di Timur Tengah. Sebab, sambung ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, sampai saat ini negara-negara Timur Tengah masih dilanda konflik.

"Bersyukur itikad baik Indonesia disambut baik parlemen Iran. Semoga dengan kerja sama Indonesia - Iran ini, Timur Tengah yang damai, aman dan stabil bisa terwujud," ungkap Zulkifli

Melalui pertemuan antar-ketua parlemen ini, Iran dan Indonesia juga sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Zulkifli menambahkan, Iran dan Indonesia sama-sama negara dengan penduduk mayoritas muslim yang ekonominya sedang tumbuh.

“Ini momentum yang baik untuk tingkatkan kerjasama di bidang ekonomi, politik maupun budaya seperti pertukaran pelajar atau pemberian beasiswa bagi mahasiswa kedua negara," tutup Zulkifli.(fat/jpnn)


JAKARTA - Iran dan Indonesia sepakat  bekerja sama meningkatkan peran aktif untuk mempercepat kemerdekaan Palestina serta mengupayakan perlindungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News