Waria Tegal Ingin Proaktif Cegah Penyebaran HIV/AIDS

Waria Tegal Ingin Proaktif Cegah Penyebaran HIV/AIDS
Foto/ilustrasi: Radar Tegal

jpnn.com - TEGAL - Persatuan Waria Tegal (PWT) mendukung kegiatan voluntary counseling test (VCT) melalui program penjaringan dengan mengadakan pemeriksaan rutin bagi kelompok risiko tinggi (risti). Tujuannya, untuk menekan angka penyebaran dan deteksi dini HIV/AIDS di Kota Bahari itu.

Ketua PWT Venti Ramona mengatakan, dalam rangka deteksi dini bagi semua anggota kelompok atau komunitas risti, program pemeriksaan rutin sebaiknya dimanfaatkan. Dengan demikian bahaya penyebaran HIV/AIDS bisa dicegah.

“Pemeriksaan rutin juga menambah pengetahuan kelompok LSL (lelaki seks dengan lelaki, red) dan PWT terhadap risiko yang dihadapi. Jika tumbuh kesadaran diri, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri secara rutin," ujarnya.

Venti menuturkan, melalui program sosialiasi penjaringan kelompok risti, pihak mana pun diharapkan mau diperiksa. Hanya saja dia justru menyayangkan kurangnya respons terhadap niat baik program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) itu.

"Jika memang merasa sehat, kenapa harus takut diperiksa secara rutin. Justru, LSL dan PWT bisa memanfaatkan fasilitas program KPA untuk menambah pengetahuan tentang bahaya penyebaran HIV/AIDS," ujarnya.(syf/zul/jpg/ara/jpnn)

 


TEGAL - Persatuan Waria Tegal (PWT) mendukung kegiatan voluntary counseling test (VCT) melalui program penjaringan dengan mengadakan pemeriksaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News