KLHK Menjaga Wilayah Pesisir dari Ancaman Kerusakan

KLHK Menjaga Wilayah Pesisir dari Ancaman Kerusakan
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, saat menanam mangrove di Kepulauan Seribu. Foto for JPNN.com

jpnn.com - INDONESIA dianugerahi kekayaan alam yang tiada duanya. Hampir dua pertiga wilayah Indonesia terdiri dari lautan, dengan panjang garis pantai mencapai 91.000 km. Ada sekitar 17.508 pulau dengan luas laut terbuka 5,8 juta km2.

Indonesia juga sangat kaya dianugerahi 2,5 juta ha luas terumbu karang (18 % dunia). Ada sekitar 2.500 spesies molluska, 2.000 spesies krustasea, 6 spesies penyu laut, 30 mamalia laut, dan 2.500 spesies ikan laut.

Terdapat sekitar 2,9 juta ha hutan mangrove. Jumlah ini berarti 25 persen dari luas mangrove dunia atau hampir 60 persen luas total mangrove Asia Tenggara. Dari kawasan tersebut, sekitar 3,14 milyar ton atau sepertiga dari total karbon dunia disimpan oleh ekosistem pesisir ini. Sedangkan dari jumlah populasi, sekitar 48 juta dari 160 juta jiwa penduduk Indonesia tinggal di kawasan pesisir.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menjelaskan bahwa banyak ancaman pada kawasan pesisir yang kini harus diatasi.

''Terutama sebagai dampak atau implikasi terhadap pola pemanfaatan sumber daya alam dan tekanan lingkungan di wilayah pesisir dan laut,'' katanya.

Hampir 30,45 persen terumbu karang berada dalam kondisi buruk. 40 persen mangrove Indonesia terdegradasi. Hal menyedihkan lainnya, sekitar 0,48–1,29 juta metrik ton per tahun sampah plastik, dihasilkan dari Indonesia ke lautan dunia. Peringkat kedua setelah China.

Mengambil contoh dari DKI Jakarta. Ada sekitar 13 sungai yang semuanya bermuara di Teluk Jakarta. Belasan sungai tersebut harusnya mengalihkan air dari kawasan tinggi di sebelah Selatan Jakarta.

Namun kenyataannya, sungai-sungai juga difungsikan sebagai bak sampah. Sungai pun berubah menjadi conveyor belt raksasa, yang mengantarkan sampah hingga ke teluk.

INDONESIA dianugerahi kekayaan alam yang tiada duanya. Hampir dua pertiga wilayah Indonesia terdiri dari lautan, dengan panjang garis pantai mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News