Tipu Guru sampai Ratusan Juta, Gelar Nikah Mewah, Korban juga Diundang

Tipu Guru sampai Ratusan Juta, Gelar Nikah Mewah, Korban juga Diundang
Ir, tersangka penipuan mendekam di sel. Foto: Radar Sorong

jpnn.com - SORONG - Puluhan guru di Kota Sorong, Papua Barat tertipu. Ratusan juta rupiah pun melayang.

Ini gara-gara ulah pria yang diketahui berinisial Ir. Dia menipu dengan modus menawarkan jasa study banding ke luar kota. Dari penipuan yang dilakukan itu, ia menggasak uang ratusan juta rupiah dan diduga digunakan untuk biaya pernikahan yang digelar mewah di gedung ACC Kota Sorong, pada November lalu.

Nah, baru sepuluh hari menikmati bulan madu dari pernikahannya yang begitu mewah, termasuk mengundang para guru yang ditipunya, Ir harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia ditangkap para guru di Bandara DEO Sorong saat hendak terbang ke Makassar, Minggu (4/12).

Janji untuk memfasilitasi puluhan guru SD study banding ke luar kota, menyeretnya berurusan dengan para korban di Polsek Kawasan Bandara DEO. Kepergianya ke luar kota batal, karena ada seorang guru yang menaruh curiga kepadanya.

Pasalnya, dia yang sudah mengeruk uang ratusan juta itu tak menepati janji. Sebelumnya, ia berjanji akan mengajak study banding pada bulan Desember ini. Uang biaya dari masing-masing guru sebelumnya diangsur dua kali, dan seluruh guru yang akan ikut study banding pun sudah melunasinya.

“Kami berhasil hentikan dia yang mau berangkat ke Makassar, tapi pas kami tanya uang kami, dia bilang uang sudah tidak ada, jadi kami bawa dia ke kantor polisi,” kata salah satu guru dari SD N 50 yang enggan sebutkan namanya, Senin (5/12).

Informasi yang dihimpun Radar Sorong, Ir menipu para guru dengan motif memfasilitasi study banding ke luar Kota dengan biaya terjangkau. Untuk meyakinkan, ia juga membawa nama salah satu penerbit buku sebagai identitasnya. 

Para guru yang cukup mengenal Ir pun dengan mudah memercayai penjelasan Ir yang cukup meyakinkan. Tanpa mengkroscek lebih dulu, para guru mulai memberikan sejumlah uang yang dipatok Ir, yakni dari Rp 5 hingga Rp 10 juta per orang. Tergantung berapa kota yang ingin dikunjungi. 

SORONG - Puluhan guru di Kota Sorong, Papua Barat tertipu. Ratusan juta rupiah pun melayang. Ini gara-gara ulah pria yang diketahui berinisial Ir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News