Mirip Tukang Pos, Jaksa Agung Layak Dicopot

Mirip Tukang Pos, Jaksa Agung Layak Dicopot
Jaksa Agung M.Prasetyo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Setara Institute, Hendardi, menilai Kejaksaan Agung sama sekali tidak menjalankan perannya sebagai dominus litis atau pengendali penyidikan oleh kepolisian dalam sistem peradilan pidana.

Menurutnya, kejaksaan lebih menyerupai sebagai tukang pos yang hanya mengantarkan berkas dari kepolisian ke pengadilan.

"Inti dari asas dominus litis ini adalah adanya kontrol secara seksama untuk mendeteksi potensi penyimpangan yang kemungkinan terjadi pada proses penyidikan," kata koordinator Setara Institute, Hendardi dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Hendardi mengingatkan, proses pelimpahan berkas menjadi pertaruhan profesionalisme dan imparsialitas Kejagung.

Penanganan berkas perkara dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menurut dia, telah menambah daftar panjang kegagalan M.Prasetyo dalam memimpin Korps Adhyaksa.

"Apapun obsesi Jokowi untuk menjawab kehadiran negara melalui penegakan hukum yang adil akan sulit terwujud. Sudah cukup alasan untuk Jokowi mengganti posisi Jaksa Agung dengan sosok baru yang lebih kredibel dan berintegritas," tegas Hendardi. (wid/RMOL)

 

JAKARTA - Koordinator Setara Institute, Hendardi, menilai Kejaksaan Agung sama sekali tidak menjalankan perannya sebagai dominus litis atau pengendali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News