Polwan Cantik Ini Menyimpan Rindu

Polwan Cantik Ini Menyimpan Rindu
Bripda Amalia Jazaul Haq. Foto: ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com - MENGABDI sebagai anggota kepolisian ada konsekuensi yang harus diterima. Salah satunya bersedia ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Pengalaman inilah yang dialami oleh Bripda Amalia Jazaul Haq.

HARYOSUDANTO, Balikpapan

Perempuan yang akrab disapa Amel ini harus rela bertugas jauh dari keluarga besarnya yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dirinya tidak menyangka jika harus sampai menyeberang pulau demi menjalankan tugas.
 
Ia menceritakan, waktu itu selepas lulus SMA tahun 2014, dirinya mendaftar calon anggota polwan di daerahnya.

Setelah lolos seleksi, Amalia melanjutkan pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto. Ketika lulus dari pendidikan, tibalah saat pengumuman akan di mana dan di kesatuan apa ditugaskan.
 
“Saya sungguh tidak menyangka sama sekali, ketika mengetahui akan ditugaskan di Direktorat Sabhara Polda Kaltim di Balikpapan,” ungkapnya.
 
Kegalauan sempat melanda dirinya. Ia memikirkan bagaimana harus tinggal berjauhan dengan orangtua. Apalagi dia merupakan anak terakhir yang tentunya menjadi kesayangan keluarga.

Namun pilihan sudah diambil, Novi akhirnya merelakan untuk berpisah sejenak dengan keluarganya.
 
“Tahun-tahun awal penugasan saya di sini terasa berat karena baru pertama harus jauh dari orangtua. Dulu yang biasanya bisa bertatap muka setiap hari, sekarang hanya bisa menyimpan rindu. Sebisa mungkin komunikasi tidak terputus, saya selalu menelepon ke Banyuwangi setiap harinya. Paling tidak menanyakan seputar kabar mereka di sana,” ujarnya.

Dua tahun sudah ia menjalani rutinitasnya setiap hari di Dit Sabhara Polda Kaltim. Novi saat ini tinggal di mes polwan di daerah Karang Anyar, Balikpapan.

Di sanalah dirinya menemukan teman-teman baru yang sudah dianggap seperti keluarganya sendiri.
 
“Polwan yang belum menikah dan terutama yang domisilinya di luar Balikpapan, wajib tinggal di mes polwan ini. Saya merasa senang karena teman-teman di mes setidaknya bisa sedikit melupakan kerinduan dengan keluarga. Banyak hal positif juga yang bisa saya ambil selama berada di sini. Saya bisa lebih bertanggung jawab dengan diri sendiri dan jauh lebih mandiri,” ucapnya.

MENGABDI sebagai anggota kepolisian ada konsekuensi yang harus diterima. Salah satunya bersedia ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Pengalaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News