Ini Cerita Aguan soal Bebenah Kampung

Ini Cerita Aguan soal Bebenah Kampung
Sugianto Kusuma. (tengah). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sugianto Kusuma alias Aguan termasuk salah satu pimpinan Yayasan Tzu Chi Indonesia yang ikut mengagas lahirnya Program Bebenah Kampung. 

Pengusaha Agung Sedayu Group yang duduk sebagai Wakil Ketua Yayasan itu mengatakan program ini ditujukan untuk kaum duafa. 

"Program Bebenah Kampung pertama kali dilaksanakan pada 17 Desember 2006 di Jakarta dengan mengusung tema Program 3S, yaitu Sehat Lingkungan, Sehat Keluarga dan Sehat Ekonominya,” ujar Aguan, Selasa (6/12). 

Untuk di Jakarta, lokasi yang disasar di antaranya di Dadap Jakarta Barat dengan jumlah renovasi rumah 82 unit. Selanjutnya di Pademangan Jakarta Utara 241 unit, Kelapa Gading 40 unit, Cilincing 105 unit dan di Lautze 50 unit. 
Program Bebenah Kampung itu terus berlanjut. “Pembangunannya meluas hingga ke sembilan provinsi di Indonesia,” lanjut Aguan. 

Sementara wilayah Jawa Barat salah satunya di Bandung dengan renovasi rumah sekitar 28 unit. Sedang kota-kota lain dipilih Makasar dan Medan. “Total Program Bebenah Rumah hingga saat ini mencapai sekitar 1.056 unit rumah,” urainya. 

Sugianto menambahkan, para penerima bantuan renovasi rumah adalah kaum duafa, keluarga tak mampu yang memiliki rumah tidak layak huni atau mereka yang menjadi korban kebakaran. “Umumnya dipilih karena keprihatinan relawan yang melihat kondisi rumah yang kurang layak dan tidak mendukung kesehatan atau karena dorongan dari pemerintah setempat dan perusahaan komersial,” tutur Aguan. 

Lantas, apa yang melatarbelakangi Aguan Kusuma memilih program tersebut?  “Di rumah, seseorang mendapatkan rasa hangat dan damai bersama keluarga. Kenyataannya di luar sana masih banyak keluarga yang tinggal di rumah seadanya, tidak bisa melindungi mereka dari panas dan hujan,” ungkapnya. 

Aguan berharap bantuan Bebenah Kampung bisa meningkatkan taraf hidup warga dan memperbaiki kondisi lingkungan sekitar.

JAKARTA - Sugianto Kusuma alias Aguan termasuk salah satu pimpinan Yayasan Tzu Chi Indonesia yang ikut mengagas lahirnya Program Bebenah Kampung. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News