Transparansi KLHK Mendukung Pengendalian Perubahan Iklim

Transparansi KLHK Mendukung Pengendalian Perubahan Iklim
Menteri LHK Siti Nurbaya saat launching Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim. Foto for JPNN.com

jpnn.com - KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI). SRN-PPI merupakan program yang mendata secara nasional semua kegiatan mitigasi, adaptasi dan dukungan yang diperoleh. 

SRN-PPI ini sebagai bentuk implementasi tata kelola yang baik, transparansi dan keterbukaan informasi dalam sinergi bersama upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Sistem ini sekaligus bentuk keseriusan Indonesia dalam mengoperasionalkan Perjanjian Paris terutama pasal 13 yang menyangkut tentang transparansi, pasal 4 dan pasal 7 yang menyangkut tentang sumber daya dukungan.

Selain itu menjadi rumah pengelolaan data dan informasi terkait kegiatan maupun sumber daya yang mendukung pelaksanaan dan keberlangsungan upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia. 

''Sebagai bagian dari pengembangan Sistem MRV serta sebagai penterjemahan transparency framework dalam Paris Agreement ke konteks Indonesia, selama satu tahun ini  KLHK telah membangun Sistem Register Nasional Pengendalian Perubahan Iklim,'' kata Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Tujuan dari SRN ini adalah mendata aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi perubahan iklim di Indonesia; pengakuan pemerintah atas kontribusi berbagai pihak terhadap upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia; penyediaan data dan informasi kepada publik tentang aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi serta capaiannya, serta menghindari penghitungan ganda (double counting) terhadap aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi sebagai bagian pelaksanaan prinsip clarity, transparency dan understanding (CTU).

Disini akan dihimpun data dari berbagai tingkatan pelaksana kegiatan maupun penyedia dukungan sumber daya baik dalam skala nasional, regional maupun proyek. Data yang terhimpun selanjutnya diintegrasikan secara seksama dalam sistem basis data dan ditampilkan melalui panel instrumen (dashboard) yang terakses oleh publik.

Nilai manfaat dari SRN-PPI baik secara nasional maupun internasional sangat bergantung pada partisipasi semua pihak untuk menyampaikan data dan informasi yang diperlukan oleh sistem ini dalam mencapai tujuan di atas.

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI). SRN-PPI merupakan program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News