Ini Bukti Wajib Belajar 9 Tahun Berjalan Sukses

Ini Bukti Wajib Belajar 9 Tahun Berjalan Sukses
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2015 menjadi bukti program wajib belajar (Wajar) sembilan tahun dan ekspansi menuju wajar 12 tahun membuahkan hasil.

Dalam survei itu disebutkan, Indonesia di posisi empat dari 72 negara untuk capaian pendidikan.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang (Kapuspendik Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam, terjadi peningkatan cakupan sampling peserta didik Indonesia.

Yaitu sebanyak 46 persen pada 2003 menjadi 53 persen tiga tahun berselang. Selanjutnya, angka tersebut naik ke 63,4 persen pada 2012, dan menjadi 68,2 persen pada 2015.

“Peningkatan cakupan sampling ini merupakan bukti capaian wajib belajar sembilan tahun dan ekspansi menuju wajar 12 tahun serta inklusi kepesertaan murid Indonesia dalam pendidikan membuahkan hasil," jelas Nizam, Rabu (7/12).

Berdasarkan waktu pembelajaran sains, seluruh negara yang tergabung dalam Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) menunjukkan 94 persen murid rata-rata mengikuti satu mata pelajaran sains dalam seminggu. Namun, di Indonesia, sejumlah empat persen murid tercatat sama sekali tidak dituntut untuk mengikuti mata pelajaran sains.

Ketidakharusan untuk mengikuti mata pelajaran sains lebih besar lima persen di sekolah yang kurang beruntung, dibandingkan sekolah yang lebih maju. Sedangkan, sekolah yang maju di Indonesia menawarkan kegiatan kelompok belajar sains lebih banyak dibandingkan sekolah-sekolah yang kurang beruntung.

“Hanya 29 persen murid yang bersekolah di sekolah yang kurang beruntung diberi kesempatan mengikuti kelompok belajar sains. Sementara 75 persen murid di sekolah maju memiliki kesempatan yang lebih banyak,” terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--‎Survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2015 menjadi bukti program wajib belajar (Wajar) sembilan tahun dan ekspansi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News