Kecelakaan, Murni Kelalaian Masinis

Kecelakaan, Murni Kelalaian Masinis
Kecelakaan, Murni Kelalaian Masinis
JAKARTA-Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko mengatakan, dugaan kuat kecelakaan kereta api di Statsiun Tebet-Manggarai akibat kelalaian masinis.

Bukti pertama, pada rekaman terakhir monitoring sinyal dan pergerakan KA di rute tersebut, diketahui lampu blok 202 yang dilalui KA 523 dalam kondisi berwarna merah. Itu artinya di blok 202 tersebut masih ada KA yang berhenti, yaitu KA 265 Depok Ekspres.

"Seharusnya dia (masinis KA 523) tidak melanggar sinyal dan masuk ke blok itu. Pada akhirnya, dia tidak sempat melakukan pengereman maksimal dan menabrak KA yang di depannya," jelas Hermanto.

Bukti kedua yang menegaskan tidak ada masalah pada pengereman, tingkat kerusakan ringan akibat tubrukan baik pada bagian depan KA 523 maupun bagian belakang KA 265. Selain itu seluruh roda kedua KA tersebut juga tetap pada posisinya, tidak anjlok keluar dari rel.

JAKARTA-Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko mengatakan, dugaan kuat kecelakaan kereta api di Statsiun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News