Maaf, PMI Tidak Terima Bantuan Baju Bekas

Maaf, PMI Tidak Terima Bantuan Baju Bekas
Petugas RSUD Pidie Jaya mendata korban meninggal usai gempa mengguncang Pidie Jaya, Rabu (7/12). Foto: Zian Mustaqin/Rakyat Aceh

jpnn.com - JAKARTA - Tidak semua jenis bantuan buat korban gempa Aceh yang bisa diterima Palang Merah Indonesia (PMI).

Salah satu bantuan yang tidak bisa diterima PMI Pusat adalah baju bekas.

"Kami menerima bantuan masyarakat sekecil apa pun nominalnya. Namun, kami tidak bisa menerima bantuan baju bekas karena susah untuk auditnya," ungkap Ketua Harian PMI Pusat Ginanjar Kartasasmita di Markas Pusat PMI, Kamis (8/12).

Dia menyebutkan, sebagai organisasi nonbisnis, PMI bertanggung jawab menyalurkan seluruh bantuan masyarakat. Namun, seluruh bantuan yang diterima dan diserahkan harus jelas pertanggungjawabannya.

"Bagi yang ingin membantu sisihkan uang recehannya untuk k‎orban Pidie Jaya. Kalau pakaian bekas kami susah menghitung nominalnya," terangnya.

Sampai hari ini, PMI pusat sudah menyalurkan bantuan berupa family kit 1000 box, hygiene kit 1000 box, selimut 1‎100 pcs, terpal 1500 psc, kantong jenazah 300 pcs, rompi PMI 100 pcs, jeriken air 500 unit (kapasitas 10 liter), siaga 14 truk tanki air yang siap dimobilisasi. Ada juga dukungan dana operasional Rp 500 juta.

"Kami membuka donasi online, bagi yang ingin menyumbang bisa menyalurkan lewat PMI," tandasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA - Tidak semua jenis bantuan buat korban gempa Aceh yang bisa diterima Palang Merah Indonesia (PMI). Salah satu bantuan yang tidak bisa diterima


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News