Wah, Tikus Serbu Sawah di Musim Tanam

Wah, Tikus Serbu Sawah di Musim Tanam
Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BREBES - Petani padi di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes sedang waswas. Pasalnya, puluhan hektare sawah garapan mereka diserang hama tikus.

Petani setempat yang didampingi Pemerintah Desa Kluwut pun melakukan pengusiran hama tikus dengan mengadakan penyemprotan racun. Pasalnya, keberadaan hama tikus sudah sangat mengganggu benih padi.

Kepala Desa Kluwut Isa Ansory mengatakan, ratusan tikus mati dalam penyemprotan racun yang digalakkan beberapa kelompok tani. Menurut Isa, terdapat dua kelompok tani yang mengikuti pembasmian hama itu.

"Kami dan dua kelompok tani membasmi hama tikus dengan penyemprotan racun tikus dan alat pembasmi. Ratusan tikus langsung keluar dari puluhan liang di sawah," katanya seperti diberitakan Radar Tegal.

Rencananya, pemerintah desa dan petani setempat akan menggelar pembasmian tahap kedua. “Karena masih ada ratusan tikus yang masih tersisa," imbuhnya.

Salah seorang petani, Ipung menyebut serangan hama tikus di wilayahnya sebenarnya sudah hilang puluhan tahun lalu. Namun, kini justru hama tikus muncul lagi.

"Dulu sudah tidak ada tikus sudah puluhan tahun, tapi di saat musim tanam padi tahun ini kembali muncul," ujar pria yang juga memimpin sebuah kelompok tani itu.(fid/zul/jpg)


BREBES - Petani padi di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes sedang waswas. Pasalnya, puluhan hektare sawah garapan mereka diserang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News