Oh, Ternyata Ini Provinsi Kepulauan Terluas di Indonesia

Oh, Ternyata Ini Provinsi Kepulauan Terluas di Indonesia
Gubernur Maluku ‎Said Assagaf (kanan) menerima piagam penghargaan yang diserahkan Direktur Utama Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia ‎Paulus Pangka, di Hotel Akmani, Kamis (8/12) malam.‎ Foto: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com -  

JAKARTA - Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) menganugerahi Provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan terluas di Indonesia.

Maluku tercatat memiliki ‎total luas 705.645 km2. Dengan luas daratan 47.350,42 km2 dan lautan atau perairan 658.294,69 km2.

Piagam penghargaan diserahkan pendiri dan Direktur Utama Leprid Paulus Pangka diberikan kepada Gubernur Maluku  Said Assagaf, pada diskusi yang digelar Pemprov Maluku di Hotel Akmani, Kamis (8/12) malam.

Dalam diskusi itu Said mengatakan, Maluku sangat unik. Karena luas lautnya mencapai 93 persen dari total luas wilayah yang ada.

Sebab itu butuh penanganan khusus, apalagi 1,7 juta jiwa penduduknya tersebar di 1500 pulau-pulau yang ada.

"Kami berharap ada perhatian khusus ‎dari pemerintah pusat untuk pemenuhan moda transportasi berupa kapal-kapal feri dan kapal penumpang, termasuk penambahan pesawat," ujar Said.

Said juga berharap, pemerintah pusat dan pihak swasta dapat memperhatikan potensi kelautan dan perikanan yang ada.  

  JAKARTA - Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) menganugerahi Provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan terluas di Indonesia. Maluku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News