BNPB Ralat Jumlah Korban Meninggal Gempa Aceh, Bukan 102

BNPB Ralat Jumlah Korban Meninggal Gempa Aceh, Bukan 102
Pendataan korban gempa Aceh. Foto: Rakyat Aceh

jpnn.com - MEREUDU - Tim SAR gabungan memfokuskan pencarian korban gempa Aceh di lima titik pencarian, sepanjang Jumat (9/12). 

Masing-masing di Leung Putu, Mereudu, Uleeglee, Trenggading dan Darul Ulu. Kelima lokasi berada di Kabupaten Pidie Jaya.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, tim SAR gabungan dipimpin Basarnas berjumlah 484 personel. Di antaranya 140 personel berasal dari beberapa wilayah seperti Jakarta dan Jambi. 

"Target utama pencarian reruntuhan pasar dan ruko di Mereudu. Menurut Koordinator Komunikasi Basarnas Barokna, Upaya pencarian baru akan berakhir setelah tidak ada lagi laporan warga yang hilang dari masyakarat," ujar Sutopo dalam pesan elektronik yang diterima.

Selain melibatkan ratusan personel, pencarian juga menggunakan alat-alat berteknologi canggih. Seperti life locator, life detector, search cam dan Pal CSSR. 

"Hari ini Jakarta Rescue juga menerjunkan dua anjing pelacak untuk membantu upaya pencarian di Mereudu," tutur Sutopo.

Sementara itu terkait jumlah korban tewas, Sutopo meralat data yang sebelumnya disebut terdapat 102 korban meninggal dunia. Menurutnya, jumlah korban hingga Jumat sebanyak 100 orang meninggal. Dari jumlah tersebut, 92 jiwa telah berhasil diidentifikasi. 

"Sedangkan korban luka berjumlah 589 jiwa, dengan rincian luka berat 127 jiwa dan luka ringan 462 orang," pungkas Sutopo. (gir/jpnn)


MEREUDU - Tim SAR gabungan memfokuskan pencarian korban gempa Aceh di lima titik pencarian, sepanjang Jumat (9/12).  Masing-masing di Leung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News