Icehotel, Dijamin Tetap Beku Sepanjang Tahun

Icehotel, Dijamin Tetap Beku Sepanjang Tahun
Icehotel. Foto: screencaptYouTube

jpnn.com - STOCKHOLM - Sebuah hotel di Swedia yang sebelumnya hanya buka setiap musim dingin, kini dibuka sepanjang tahun.

Icehotel akan menjadi Icehotel 365. Sesuai dengan namanya, hotel beku di Jukkasjarvi Village, Kiruna Municipality, Norrbotten County, Swedia, itu bakal buka selama 365 hari alias setahun penuh. 

Meski buka saat summer alias musim panas, Icehotel dijamin tetap beku. "Terobosan ini membuat tamu-tamu kami punya lebih banyak pilihan ketika menginap di hotel kami pada musim panas. Mereka bisa naik kereta luncur yang ditarik anjing sambil menyaksikan aurora atau sekadar jalan-jalan di bawah sinar matahari pada tengah malam,’’ kata pendiri Icehotel Yngve Bergqvist sebagaimana dilansir CNN.

Dia optimistis, pada musim panas pun, tingkat okupansi hotel beku tersebut akan tetap setinggi saat musim dingin.

Sejak berdiri pada 1989, Icehotel selalu kebanjiran pengunjung meski hanya beroperasi pada musim dingin. Karena itu, Jukkasjarvi yang populasinya tidak sampai 1.000 orang (pada 2010 hanya sekitar 548 jiwa) selalu ramai setiap winter. 

Setiap tahun hotel di tepi Sungai Torne tersebut selalu menjadi lokasi pesta pernikahan. Rata-rata, 100 pesta pernikahan dihelat di sana per tahun.

Uniknya, karena semula hotel hanya beroperasi setiap musim dingin, dekorasi dan ornamennya selalu berubah. Dari lobi sampai kamar, desain interiornya tidak pernah sama. Sebab, seniman es yang membangun hotel musiman itu pun tidak tetap. Yang pasti, seluruh material yang digunakan untuk membangun Icehotel selalu diambilkan dari Sungai Torne. Sedikitnya 5.000 ton es diambil dari sana.

Untuk menjaga kebekuan Icehotel pada musim panas, Bergqvist menggandeng Solkompaniet, perusahaan pertama penghasil tenaga surya Swedia. Dengan memanfaatkan cahaya matahari yang bersinar nonstop selama 100 pada musim panas, perusahaan tersebut menciptakan panel-panel surya. Selanjutnya, panel-panel itu menghasilkan listrik dan mengaktifkan sistem yang mempertahankan kebekuan hotel.

STOCKHOLM - Sebuah hotel di Swedia yang sebelumnya hanya buka setiap musim dingin, kini dibuka sepanjang tahun. Icehotel akan menjadi Icehotel 365.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News