Catat, Morotai Juga Punya Tanjung Gorango

Catat, Morotai Juga Punya Tanjung Gorango
Foto: pulaumorotai.kab.go.id

jpnn.com - AMBON - Yang terbayang di benak banyak orang tentang Morotai di Maluku Utara adalah sebuah pulau kaya peninggalan Perang Pasifik dan jejak Jenderal Douglas MacArthur. Tidak salah memanh.

Namun, ada keindahan lain di Pulau Morotai. Namanya Tanjung Gorango.

Jika berlibur ke Morotai, sempatkan mengunjungi destinasi yang terletak di antara Desa Gorua dan Korago, Kecamatan Morotai Utara itu. Suasana dan pemandangannya membuat pengunjung betah berlama-lama untuk menikmati hamparan pasir putih, laut biru, serta panorama sekitar pantai yang belum tersentuh banyak wisatawan.

Tanjung Gorango terletak 90 kilometer dari Daruba, ibu kota Kabupaten Pulau Morotai. Perlu tiga jam berkendara dengan kendaraan roda empat, dan dua jam dengan sepeda motor.
Jalan Daruba-Tanjung Gorango sebagian beraspal dan lainnya masih tanah.

Saat kemarau, jalan tanah itu berdebu. Di musim hujan, jalan tanah berubah menjadi lumpur.

Tapi perjalanan tidak akan melelahkan jika pengunjung menikmati panorama di kiri dan kanan jalan. Semilir angin meningkahi deburan ombak pantai timur Pulau Morotai.

Di kejauahan, burung-burung laut hilir-mudik. Hutan di kiri jalan sedemikian rimbun, menawarkan keteduhan.

Letak Tanjung Gorango yang terpencil membuat pengunjung tidak akan menemukan fasilitas apa pun di sini. Hanya ada satu moda transportasi umum dengan rute Daruba-Tanjung Sopi, tapi waktu tempuh lebih lama.

AMBON - Yang terbayang di benak banyak orang tentang Morotai di Maluku Utara adalah sebuah pulau kaya peninggalan Perang Pasifik dan jejak Jenderal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News