15 Pasangan Menikah di Tengah Kuburan, Gratis!

15 Pasangan Menikah di Tengah Kuburan, Gratis!
Fota Center menggelar nikah massal gratis di tengah kuburan. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Forum Cepat Tanggap Indonesia (Fota Center) menggelar pernikahan unik di Kampung Penampungan, Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan, Sabtu (10/12).

Sebanyak 15 pasangan suami istri dinikahkan secara resmi di tengah kuburan. Mereka yang dinikahkan tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda. 

“Rata-rata sebelumnya hanya nikah siri, atau belum pernah menikah,” ujar Ketua Umum Fota Center, Fonda Tangguh di sela-sela acara.

Menurutnya, pernikahan tersebut sengaja digelar bukan saja untuk kepentingan pasangan yang menikah saja. “Kami melihat ke depan, karena kalau tidak menikah resmi, kasihan anak-anak mereka, tidak bisa punya akta,” lanjut Fonda.

Untuk prosesi pernikahannya, semua biaya ditanggung Fota Center. Termasuk untuk mendatangkan penghulu dari KUA setempat. “Di sini ada 300 orang, kami pilih 15 pasangan untuk dinikahkan, semua tidak kami pungut biaya,” sambung pria kepala plontos ini.

Prosesi pernikahannya pun berlangsung khidmat dan sakral. Ke-15 pasangan pengantin berdandan dengan mengenakan kebaya modern. Mereka didandani oleh enam mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Tata Rias Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama dua jam lebih.

Menariknya, meski lokasi Kampung Penampungan itu terletak di tengah-tengah Kuburan Belanda Menteng Pulo, namun suasana pernikahan massal sama seperti pernikahan pada umumnya.

Beberapa dekorasi dari bahan kardus bekas dan kaleng plastik tampak menghiasi berbagai sudut kampung. Jamuan makanannya pun tersedia. Mulai jajanan pasar hingga makanan berat berupa nasi kotak.

JAKARTA - Forum Cepat Tanggap Indonesia (Fota Center) menggelar pernikahan unik di Kampung Penampungan, Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan, Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News