Tahun Baru di Bali, Tumpek Wayang Bakal Sedot Perhatian Wisman

Tahun Baru di Bali, Tumpek Wayang Bakal Sedot Perhatian Wisman
Ilustrasi Foto: Radar Bali/Jawa Pos Group/dok.JPNN.co

jpnn.com - BALI – Pulau Dewata tak ada surutnya untuk membuat atraksi wisata. Apalagi akhir tahun 2016 ini.

Sebelum terompet Happy New Year 2016 ditiup, Anda bisa menyaksikan ritual desa-desa di Bali dengan tradisi Tumpek Wayang yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Desember 2016.

Ini tradisi tahunan yang menjadi daya pikat wisatawan yang berbasis budaya.

”Kesan Tumpek Wayang itu tidak akan terlupakan oleh para wisatawan, setiap desa akan melaksanakan Tumpek wayang. Seluruh kehidupan budaya masyarakat Bali, adalah atraksi yang memikat. Termasuk soal ritual keagamaan, yang di banyak tempat menjadi eksklusif dan tidak boleh dijadikan bahan tontonan. Di situlah salah satu daya tarik Bali bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Silahkan datang ke Bali,” beber Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Gede Agung Yuniartha.

Agung mengatakan, Tumpek Wayang adalah upacara bermakna sebagai hari kesenian.

Hari tersebut dipercaya sebagai kelahiran berbagai jenis alat-alat kesenian semisal gender, gong, barong, wayang dan lainnya yang kerap digunakan untuk kepentingan hiburan.

“Setiap tahun event ini selalu mendapat perhatian wisatawan mancanegara karena keunikan budayanya,” kata dia.

”Upacara ini digelar pada tiap 6 bulan sekali dalam sistem pengkalenderan Bali atau tiap 210 hari sekali yang termasuk dalam rentetan Hari Raya Galungan. Semua alat musik akan keluar. Nah, di sini daya tarik itu menjadi semakin kuat,” ujar Agung yang asli Bali itu.

BALI – Pulau Dewata tak ada surutnya untuk membuat atraksi wisata. Apalagi akhir tahun 2016 ini. Sebelum terompet Happy New Year 2016 ditiup,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News