Alhamdulillah, Petani Pijay Mulai Tanam Padi Lagi

Alhamdulillah, Petani Pijay Mulai Tanam Padi Lagi
Petani di beberapa daerah di Pidie Jaya Aceh sudah turun ke sawah lagi menanam padi. Foto: Rakyat Aceh/jpg

jpnn.com - MEUREUDU - Aktivitas masyarakat di Pidie Jaya (Pijay), Aceh, mulai kembali normal pasca gempa 6,5 SR mengguncang daerah itu empat hari yang lalu.

Selain kios, toko dan warung kopi mulai buka, para petani juga sudah turun ke sawah lagi menanam padi.

Seperti diberitakan Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) aktivitas itu mulai terlihat di Desa Beurawang dan desa sekitar dalam Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Sabtu (10/12) pagi. 

Petani dan pemilik turun ke sawah untuk menanam padi dan meratakan tanah pakai alat tradisional -Creuh Unggok- atau garuan kayu dilengkapi belah sisir dari kayu dan besi.

Petani yang sudah turun ke sawah, ada yang meratakan tanah sawah sebelum menanam dan juga sudah siap ditanam padi. 

"Untuk menghemat biaya produksi petani, umumnya masih menggunakan alat tradisional Creuh Unggok," ujar wakil ketua Kejruen Blang Udep Sare, Pudin Muhammad.

Pudin Muhammad juga sebagai anggota tuha peut Desa Beurawang mengharapkan, agar hasil panen padi musim ini hasilnya meningkat. Sebab musim lalu hasil panen menurun, dampak serangan hama tikus sehingga hasil panen merosot.

Lahan sawahnya seluas setengah hektar di empat lokasi saat panen lalu hanya dapat hasil cuma 2.2 ton dan turun drastis dari panen biasa mencapai sampai 4 ton. 

MEUREUDU - Aktivitas masyarakat di Pidie Jaya (Pijay), Aceh, mulai kembali normal pasca gempa 6,5 SR mengguncang daerah itu empat hari yang lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News