Baca Nih, Peran Penting Seorang Ayah Dalam Perkembangan Anak

Baca Nih, Peran Penting Seorang Ayah Dalam Perkembangan Anak
Dude Herlino (kanan) bercanda dengan anak-anak yang berada di arena bermain dalam "Baby Happy - Aku & Ayah Happy Days Out" di atrium Royal Plaza Surabaya, Minggu (11/12). Foto: Andy S/radarsurabaya/jpg

jpnn.com - SURABAYA - Membesarkan anak bukan cuma tugas ibu. Pola pikir ibu harus mengasuh anak di rumah sedangkan ayah mencari nafkah di luar perlu ditinggalkan. Saat ini sudah waktunya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran ayah dalam perkembangan anak. 

Menurut Ari Pratiwi, ayah dalam keluarga memiliki peran yang kompleks. Mulai dari pemberi nafkah, teman bermain, pelindung, sekaligus guru teladan. Tiga fungsi itulah yang diharapkan bisa mengubah imej dan peran ayah tidak hanya sebagai kepala rumah tangga. 

“Ayah dalam keluarga bisa memiliki memiliki peran yang sangat penting, sebagai poros dalam rumah tangga. Jadi, saat ini ayah tidak hanya sebagai pemberi nafkah. Tapi juga bisa menjadi teman bermain, pelindung, dan guru teladan,” jelas Ari Pratiwi di sela-sela acara Baby Happy - Aku & Ayah Happy Days Out, Minggu (11/12) di Royal Plaza Surabaya. 

Ayah sebagai teman bermain untuk mengajak bermain sepak bola, lari, bahkan kegiatan membersihkan kebun juga bisa dilakukan bersama anak. Ayah bersikap hangat, melindungi dan sering memberikan sentuhan. 

Kegiatan menggelitik anak pun bisa mempererat ikatan emosional. Lalu ayah juga menjadi teladan, memberikan contoh bagaimana dia harus memperlakukan orang lain. Mengajarkan keberanian, kemandirian dan bersikap tegas penting diajarkan pada anak. 

Pada kesempatan yang sama, artis ibu kota, Dude Herlino juga menghadiri acara ini sebagai duta Baby Happy. Dia berbagi pengalaman saat mengasuh anaknya yang saat ini masih berusia 20 bulan. Anaknya sekarang sudah berjalan, suka memanjat tangga, bermain bola dan berlarian. Tugasnya sebagai orang tua adalah menjaga anaknya tetap aman saat melakukan aktivitas. 

“Meski syuting hingga dini hari, pulang kerja saya sempatkan untuk berinteraksi dengan anak,” ungkapnya. Anaknya yang bangun subuh masih sempat melihat wajah ayahnya dan bermain sebentar. 

Dude Herlino berusaha untuk bertatap muka dengan anaknya setiap hari. Serepot apapun, dia tetap berusaha untuk menjumpai anaknya. Suami Alyssa Soebandono itu juga mengganti popok juga tak selamanya dikerjakan oleh istrinya. Karena saat ini cukup banyak popok berbentuk celana dan memudahkan penggantian popok. (dra/rif/ray/jpnn)

SURABAYA - Membesarkan anak bukan cuma tugas ibu. Pola pikir ibu harus mengasuh anak di rumah sedangkan ayah mencari nafkah di luar perlu ditinggalkan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News