Sudah Pasti Tak Ada Rekrutmen PPPK Tahap II untuk 2019, Ini Sebabnya

Sudah Pasti Tak Ada Rekrutmen PPPK Tahap II untuk 2019, Ini Sebabnya
Ilustrasi CPNS. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JOGJA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan hingga akhir tahun ini tak ada rekrutmen tahap II untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Menurut Deputi SDM bidang Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, saat ini fokus pemerintah adalah rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Rekrutmen PPPK tahap kedua belum dibuka tahun ini. Kami masih fokus pada rekrutmen CPNS," kata Setiawan Wangsaatmaja di sela-sela Rakornas Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Yogyakarta, Rabu (25/9).

Lebih lanjut Setiawan membeber alasantentang fokus pemerintah untuk mengutamakan rekrutmen CPNS. Menurutnya, instansi pusat maupun daerah lebih banyak mengajukan CPNS ketimbang PPPK.

"Karena masih banyak yang belum siap merekrut PPPK, makanya kami fokuskan tanun ini pada rekrutmen CPNS. Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa dibuka rekrutmen PPPK lagi," pungkasnya.

Sebelumnya MenPAN-RB Syafruddin pada awal 2019 pernah menyatakan bahwa rekrutmen PPPK tahap II akan dilaksanakan sebelum pengadaan CPNS. Menurutnya, pada 2019 ada kuota 250 pegawai yang terdiri dari 100 ribu PNS dan 150 ribu PPPK.

Namun, pemerintah pada Februari 2019 membuka lowongan 75 ribu PPPK tahap I untuk honorer K2 tanpa regulasi pendukung. Hingga saat ini nasib 50 ribuan honorer K2 yang lulus PPPK tahap I tidak jelas nasibnya karena belum mengantongi nomor induk pegawai (NIP).(esy/jpnn)

KemenPAN-RB memastikan hingga akhir tahun ini tak ada rekrutmen tahap II untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News