100 Kasus Penyiksaan Terjadi Sejak Juni 2012

100 Kasus Penyiksaan Terjadi Sejak Juni 2012
100 Kasus Penyiksaan Terjadi Sejak Juni 2012
JAKARTA--Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) mencatat terdapat 100 kasus penyiksaan yang terjadi Indonesia selama periode Juni 2012 hingga Juli 2013. Catatan ini dihimpun dan disampaikan dalam rangka memperingati Hari Anti Penyiksaan Internasional pada 26 Juni lalu.

Dari 100 kasus penyiksaan itu terdapat 15 orang meninggal, 204 luka dan sebanyak 6 orang mengalami tindakan lain seperti kejahatan seksual dan di tahanan tanpa perawatan medis.

"Jumlah ini kami himpun dari berbagai pihak, seperti korban, keluarga, saksi hingga media massa. KontraS sendiri menerima sekitar 17 laporan kasus penyiksaan," ujar Koordinator KontraS Haris Azhar dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, (28/6).

Haris menduga, sebenarnya jumlah kasus penyiksaan di Indonesia pasti lebih banyak dibanding yang dihitung lembaganya. Namun, kurangnya keterbukaan informasi dan ketakutan warga untuk mengungkapkan fakta dan peristiwa mengakibatkan tidak banyak orang yang berani melaporkan ke lembaga-lembaga terkait.

JAKARTA--Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) mencatat terdapat 100 kasus penyiksaan yang terjadi Indonesia selama periode Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News