11 Pantangan untuk Ibu Hamil

11 Pantangan untuk Ibu Hamil
Ibu hamil. Foto Ilustrasi

jpnn.com - Semua wanita yang sedang mengandung pasti berharap memiliki kehamilan yang sehat dan menjalani proses persalinan lancar dengan bayi lahir sehat. Demi mencapai ini semua, tak berlebihan, kok, jika Anda menggali apa saja pantangan untuk ibu hamil. 

Mulai dari apa pun yang dikonsumsi hingga berbagai kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Tak ada ibu hamil yang ingin hal buruk terjadi pada dirinya dan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, demi melindungi buah hati, ketahuilah pantangan ini untuk menjauhkan Anda dan janin dari bahaya.

1.Merokok

Sebuah jurnal medis yang menggabungkan hasil dari 43 penelitian membuktikan bahwa merokok atau sering menghirup asap rokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayi. Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu masalah serius pada bayi. Jika tidak ditangani dengan benar, maka ini dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembangnya, hingga terjadinya gagal jantung dan kematian dini.

Tak hanya itu, penelitian Yang, dkk. menyebutkan bahwa wanita hamil yang terpapar asap rokok akan memiliki risiko untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah, kematian janin, kelahiran prematur, dan keguguran.

2.Konsumsi minuman beralkohol

Studi yang dilakukan Chiodo, dkk. memaparkan bahwa konsumsi alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran janin. Pada penelitian yang sama juga menyebutkan, konsumsi minuman beralkohol selama kehamilan dapat menyebabkan kegagalan tumbuh pada janin, pertumbuhan wajah yang tidak normal, dan lahir mati.

Mulai dari apa pun yang dikonsumsi hingga berbagai kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News