112 Orang Dapat Nama Baru

Visudhi Upasaka Warnai Peringatan Waisak 2554

112 Orang Dapat Nama Baru
112 Orang Dapat Nama Baru
SAMARINDA - Di luar perkiraan panitia, ternyata puja bhakti Detik-detik Waisak yang berlangsung sejak pukul 06.30 WITA di Vihara Muladharma, Jl PM Noor, Samarinda, kemarin dihadiri lebih dari 200 umat. Tidak hanya itu, Bhikkhu Dhammadiro Mahathera beserta Bhikkhu Erick asal Thailand pun memimpin umat dalam melakukan meditasi.

Acara peringatan Tri Suci Waisak juga disambung dengan kegiatan Visudhi Upasaka atau pengucapan ikrar (serupa credo dalam tradisi Katolik, Red), yang diikuti oleh 112 umat. "Kami mengira konsentrasi umat akan berlangsung pada puja bhakti di sore hari, yang waktunya juga lebih fleksibel. Namun di luar dugaan kami, umat yang datang di pagi hari juga banyak," tutur Tan Dji Kan, Ketua Dayaka Sabha atau pengurus Vihara Muladharma, saat ditemui kemarin pagi.

Seperti biasa, puja bhakti Detik-detik Waisak 2554 kemarin diisi dengan ritual penghormatan dan pembacaan Paritta, serta Visakha Puja Gatha atau Syair Penghormatan Waisak. Hingga beberapa menit menjelang Detik-detik Waisak pada pukul 07.06.03 WITA, umat pun dipimpin oleh Bhikkhu Dhammadiro Mahathera untuk melakukan meditasi sekitar lebih dari 15 menit, dengan diiringi bunyi lonceng dan tambur. Usai meditasi, puja bhakti Waisak yang bertemakan "Dengan Kedamaian Membangun Kebahagiaan Sejati" ini, dilanjutkan dengan khotbah Dhamma yang juga disampaikan oleh Bhikkhu Dhammadiro Mahathera.

"Kita seharusnya menjadi umat Buddha yang tidak main-main, dalam menjalankan Dhamma," tutur Bhikkhu Dhammadiro Mahathera, dalam salah satu penekanannya.

SAMARINDA - Di luar perkiraan panitia, ternyata puja bhakti Detik-detik Waisak yang berlangsung sejak pukul 06.30 WITA di Vihara Muladharma, Jl PM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News