138 CJH Batal Berangkat

Karena Belum Mendapatkan Visa

138 CJH Batal Berangkat
138 CJH Batal Berangkat
SURABAYA - Wajah puluhan calon jamaah haji (CJH) tampak muram, mata mereka pun terlihat berkaca -kaca. Perasaan itu timbul setelah mengetahui bahwa mereka batal untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Hal itu disebabkan karena pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan visa untuk mereka.

Informasi itu mereka dapatkan setelah pihak kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Jabal Rahmah mengumpulkan mereka di masjid Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Jalan Manukan Tama, Tandes, Surabaya kemarin. Mereka betul-betul syok dengan informasi tersebut. Bagaimana tidak, berbagai persiapan sudah mereka lakukan. Sesuai dengan jadwal, seharusnya merek berangkat hari ini, namun rencana itu gagal.

Belum keluarnya visa untuk 138 CJH non kuota itu awalnya disebabkan karena pemerintah Arab Saudi menaikkan biaya pengurusan visa. "Kami betul-betul kaget dengan kenaikan itu," jelas Ketua KBIH Jabah Rahmah Achmad Shofwan saat dikonfirmasi kemarin. Pada 2009 lalu, biaya pengurusan visa dipatok sebesar 1200 ? 1300 US Dolar, kemudian pada tahun ini naik menjadi 1750 US Dolar.

Ternyata kabar terakhir biaya pengurusan visa mengalami kenaikan lagi, yaitu sebesar 2000 US Dolar. ?Biaya sebesar itu sangat mengagetkan,? terang Shofwan. Padahal, pihaknya sudah mematok biaya pengurusan visa sebesar 1750 US Dolar.

SURABAYA - Wajah puluhan calon jamaah haji (CJH) tampak muram, mata mereka pun terlihat berkaca -kaca. Perasaan itu timbul setelah mengetahui bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News