1,54 Juta Liter Air Telah Disalurkan Bagi Warga Tangerang

1,54 Juta Liter Air Telah Disalurkan Bagi Warga Tangerang
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Foto: Adityawarman/Antara

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) telah menyalurkan 1,54 juta liter air bersih kepada warga yang membutuhkan akibat dampak kemarau, terutama bagi warga di kawasan pesisir.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, penangulangan bencana kekeringan ini dilakukan secara terstruktur sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat dan perusahaan daerah.

"Penanganan bencana kemarau baik oleh PDAM TKR, Dinas Perkim, BPBD dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan," katanya, Rabu (18/9).

Sedangkan bantuan air bersih diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak kekeringan dilakukan oleh PDAM, Dinas Perkim, BPBD Kabupaten Tangerang.

"Untuk penanganan areal persawahan ditangani langsung oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan memberikan bantuan mesin pompa air dan membuat sumur bor," katanya.

Sementara itu, Dirut PDAM Kabupaten Tangerang Rusdy Machmud mengatakan, sejak awal Juli 2019 hingga pertengahan September 2019 sudah dibagikan sebanyak 308 mobil tangki.

Menurut dia, petugas siaga 24 jam membantu warga yang membutuhkan air bersih akibat kemarau panjang sesuai instruksi bupati.

Dalam instruksi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman (Perkim) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) setempat.

Warga yang tinggal di kawasan pesisir Kabupaten Tangerang ikut merasakan dampak kemarau panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News