2 Kodim Baru di Papua Pegunungan Bakal segera Diresmikan

2 Kodim Baru di Papua Pegunungan Bakal segera Diresmikan
Dandim Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip. ANTARA/HO/Kodim Jayawijaya

jpnn.com - WAMENA - Sebanyak dua Komando Distrik Militer (Kodim) baru di dua kabupaten pada Provinsi Papua Pegunungan bakal segera diresmikan.

"Kodim yang dalam waktu dekat akan diresmikan barangkali Kodim Lanny Jaya dan Tolikara karena bangunan sudah dikerjakan dua tahun lalu," kata Komandan Kodim (Dandim) 1702 Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip di Wamena, Selasa (6/12).

Athenius Murip mengatakan setelah peresmian Kodim itu, maka secara otomatis dua kabupaten itu tidak masuk wilayah hukum Kodim Jayawijaya.

Selama ini, personel TNI yang bertugas di Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Tolikara masih di bawah Kodim Jayawijaya.

"Untuk sementara kalau memang Kodim itu sudah harus disahkan, maka mungkin diperbantukan dahulu dari Kodim induk, sama halnya dengan terjadi aparatur sipil negara (ASN) Provinsi Papua Pegunungan," katanya.

Menurutnya, dalam rangka mendukung pemerintahan di Provinsi Papua Pegunungan, pimpinan TNI sudah menyampaikan pengembangan dukungan kantor-kantor TNI di wilayah pedalaman Papua ini.

"Berkaitan dengan telah terbentuknya daerah otonomi baru (DOB) provinsi, secara otomatis seperti yang disampaikan Pangdam Cenderawasih saat kunjungan ke Wamena, akan dipikirkan untuk pengembangan lebih lanjut, mungkin Korem terlebih dahulu," katanya.

Kapolres Jayawijaya Ajun Komisaris Besar Polisi Hesman Napitupulu mengatakan pihaknya siap mendukung segala kebijakan yang dilakukan pemerintah kabupaten maupun provinsi baru, yang ibu kotanya di Jayawijaya.

2 Kodim baru di Papua Pegunungan segera diresmikan. Selama ini, personel TNI yang bertugas di Kabupaten Lanny Jaya dan Tolikara masih di bawah Kodim Jayawijaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News